Bunda dan ayah, Alhamdullilah  buah hati yang ditunggu-tunggu oleh Bunda akhirnya sudah lahir dengan selamat dan sehat. Bunda pasti sudah mengetahui bahwa ASI merupakan makanan yang wajib untuk sang buah hati, ASI yang berkualitas baik memiliki banyak manfaat bagi sang buah hati. Dimulai dari menyusui dini Bunda bisa memulai dengan ASI eklusif hal ini tentu saja sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan bagi bayi. Tapi Bunda jangan terlalu khawatir dan bingung karena meningkatkan kualitas dan produksi ASI bukan perkara yang sulit, bunda bisa mengontrol asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk kestabilan tubuh agar bunda tidak mudah lemas pada saat menyusui.

Berbicara mengenai pola makan yang berkualitas untuk menjaga produksi ASI, ada beberapa makanan yang sering kita temui tanpa sadar dapat memperlancar/menambah dan menjadi penyubur bagi ASI sehingga kualitas ASI tetap stabil yah Bunda…

Yuk kita cari tahu makanan apa saja yang bagus untuk ibu menyusui yang bisa Bunda konsumsi agar si kecil bisa memperoleh kualitas ASI yang baik.

  1. Kacang-kacangan

Bunda bisa menjadikan kacang-kacangan seperti Kacang almond, Kacang merah ataupun Kacang hitam. Selain itu bunda juga bisa menggunakan kacang-kacangan sebagai snack sehat untuk menyusui. Dengan kandungan kadar protein non hewani yang tinggi, kandungan tersebut juga bisa dikonsumsi setidaknya seminggu dalam tiga kali, Bunda kacang-kacangan juga selain memperlancar ASI mengkonsumsi kacang-kacangan dan makanan sehat untuk ibu menyesui dan membuat suplai ASI bunda menjadi lebih banyak.

  1. Daun Katuk

Selain kacang-kacangan, daun katuk juga dapat memperlancar ASI, banyak yang menyarankan Bunda untuk memakan daun katuk agar meningkatkan produksi ASI?  benar Bunda, kandungan yang ada di daun katuk itu sendiri terdiri dari Protein, Kalium, dan Fosfor yang baik untuk memperlancar ASI. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa daun katuk dapat memperlancar produksi ASI salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan oleh Journal Of Nutrigenetic And Nutrigtenomics pada tahun 2010 membuktikan bahwa daun katuk dapat meningkatkan Eksposi Gen Prolactin dan oksitoksin, namun diketahui bahwa prolactin dan oksitoksin adalah dua hormon yang mempengaruhi produksi ASI. Daun katuk juga bisa Bunda masak sebagai kuah bening dan bisa disantap dengan nasi merah yang juga baik untuk ibu menyusui.

  1. Nasi Merah/ Beras Merah

Makanan sehat selanjutnya yaitu nasi merah, nasi merah yang juga dapat dikonsumsi bersama dengan sayur daun katuk yang banyak mengandung senyawa yang baik untuk memperlancar produksi ASI. Sesudah melahirkan biasanya Bunda ada upaya untuk membuat berat badan menurun, padahal kehilangan berat badan yang sangat cepat justru menyebabkan produksi ASI menurun, tetapi bunda jangan khawatir beras merah juga banyak mengandung senyawa yang akan meningkatkan kualitas ASI. Nasi merah juga bisa menjadi makanan pendamping ASI yang baik untuk bayi.

  1. Sayur-sayuran

Selain jeruk yang kaya akan vitamin C sayur-sayuran seperti bayam, jagung dan juga kentang baik untuk makanan yang sehat bagi ibu hamil dan menyusui. Bayam termasuk makanan pelancar ASI yang mengandung sumber zat besi dan juga mengandung kalsium vitamin A serta vitamin C yang baik untuk ibu hamil dan bayi bahkan kandungan anti oksidan, selain itu zat yang ada didalam bayam seperti fitoestrogen yang memiliki efek positif terhadap kelancaran produksi  ASI. Selain bayam, jagung juga memiliki manfaat yang baik untuk menambah ASI dan juga baik untuk dikonsumsi yang diantaranya terdapat kandungan serat, elektrolit, karbohidran dan juga lemak yang kandungan nutrisi didalamnya akan memberikan manfaat yang baik untuk si buah hati dilansir dari daily mail.co.uk kentang mengandung sangat kaya akan vitamin C, kentang seberat ± 150 gr mengandung vitamin C sebesar 27 mg selain vitamin C kentang juga kaya akan vitamin B, folat dan mineral seperti potassium dan magnesium.

  1. Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga banyak mengandung manfaat yang baik untuk ibu menyusui seperti pisang, jeruk dan jambu air. Pisang bermanfaat untuk menambah ASI yang banyak mengandung vitamin B6 dan asam folat, vitamin B6 membantu membentuk sel darah merah bagi bayi, selain itu protein dan lemak yang dibutuhkan untuk perkembangan dan fungsi otak yang normal dan asam folat membantu perkembangan otak pada saat bayi. Selain pisang buah jeruk juga terdapat manfaat yang baik untuk bayi diperkaya dengan vitamin C yang berfungsi dalam pembentukan tulang, gigi dan otot yang sehat untuk semua anak termasuk bayi yang baru lahir. Jambu air juga tidak hanya kaya vitamin A, vitamin C, kalsium dan forfor, jambu air juga baik untuk mendukung pemenuhan kalsium untuk menigkatkan peran otot dan saraf, serta vitamin A yang berguna untuk melindungi system daya tahan tubuh.

Ternyata meningkatkan produksi ASI tidak sulit kan Bunda, secara tidak langsung banyak makanan yang Bunda konsumsi itu yang baik untuk kelancaran ASI dan bergizi untuk sang buah hati, jadi mulai sekarang Bunda bisa atur pola makan yang baik untuk Bunda yang menyusui…

Semangat memberikan ASI yang terbaik untuk buah hati Bunda……

Edukasi (Makanan/Nutrisi ASI)

32 Makanan pelancar/penambah dan penyubur ASI vitasi.net

11 Makanan untuk ibu menyusui tokopedia.com

Translate »